Sejarah

Dasar Pemikiran Pendirian Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak

Melihat tingginya Angka Kematian ibu dan Bayi di Kalimantan Barat dan Indonesia tertinggi di antara negara-negara ASEAN dengan penurunan yang relative sangat lamban menurut Survey tahun 2002-2003 dan kebutuhan akan tenaga kebidanan sangat tinggi terutama untuk mengisi daerah-daerah pedalaman (pedesaan) sementara pendidikan kebidanan hanya ada satu-satunya milik pemerintah (Poltekes) dengan daya tampung sangat minim. Disamping itu dengan meningkatnya kemajuan pengetahuan dan teknologi, maka masyarakat semakin cerdas akan kebutuhan dibidang pelayanan kesehatan khususnya ibu dan anak semakin meningkat. Oleh karena itu perlu disiapkan upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang bermutu. Untuk itu diperlukan pendidikan yang professional melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi Diploma Kebidanan.

Berdasarkan fakta ini semua maka pada tahun 2004/2005 didirikanlah Pendidikan Diploma III Kebidanan yang di prakarsai beberapa orang tenaga dosen yang merasa terpanggil. Sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat maka tahun 2008 Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak terus berkembang dan telah memiliki 2 kampus dengan sarana yang lengkap untuk menunjang kegiatan perkuliahan dan pratikum mahasiswa.

1. SUMBER DAYA

Sumber daya yang dimiliki berupa manusia, dana, fasilitas-fasititas dapat dijabarkan sebagai berikut :

A.  SUMBER DAYA MANUSIA

Dalam menunjang tugas dan fungsi institusi pendidikan personil yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jenis pendidkan dan minimal satu jenjang diatas yang dididik. Tahun 2004/­2005 DIII Kebidanan hanya memiliki 8 orang Dosen dan seiring berjalannya waktu penambahan tenaga dosen terus meningkat saat ini telah berjumlah 27 orang dosen dengan tenaga yang ada sekarang dan masih perlu untuk dilakukan penambahan. Sebagai solusi lembaga berusaha semaksimal mungkin untuk senantiasa meningkatkan kecukupan rasio Dosen/pegawai dengan jumlah mahasiswa yang ada sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik sesuai dengan ketentuan pemerintah.

B. SARANA DAN PRASARANA

TANAH

Luas tanah yang dimiliki oleh adalah 9500 M2 terdapat pada dua lokasi. Dan menambah luas tanah lagi di Kampus II dengan lokasi di jalan A.Yani II seluas 30000 M2 untuk keperluan pembangunan / pengembangan laboratorium dasar, laboratorium klinik, laboratorium biomedik, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, internet dan klinik pelayanan masyarakat. Selain itu Akbid Panca Bhakti saat ini dalam rencana tahap pengembangan pembangunan Lapangan Bola Voli dan Basket serta Badminton dan kolam renang untuk mendukung kegiatan pengembangan bakat dan minat mahasiswi.

GEDUNG

Penyelenggaraan belajar mengajar menggunakan dua gedung yang ditempati sejak tahun 2005. Gedung I untuk penyelenggaraan perkuliahan, juga terdapat unsur-unsur penunjang pendidikan seperti laboratorium bahasa, lab internet dan perpustakaan. Gedung II Jalan A.Yani II telah selesai dibangun selain untuk asrama putri akan dibangun perumahan dosen. Pembangunan gedung II dilaksanakan sejak Tahun 2008.

SUMBER DANA

Sumber dana Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak diperoleh dari manajemen Yayasan Pendidikan Kesehatan Windya dan sumber dana dari mahasiswa serta sumber dana lain dari Yayasan dan Rumah Bersalin milik Yayasan ” Windya” Pontianak.